Desain Exterior Rumah Mungil Minimalis


Awalnya, hanya berniat investasi dengan membeli rumah yang sederhana. Mengingat keterbatasan dana (maklum gaji kuli kecil) jadi hanya bias beli rumah mungil dengan ukuran 50/120m2. Setelah hunting dan ninjau langsung ke lapangan, alhamdulillah dapet rumah dengan posisi yang cukup strategis, tidak terlalu ditengah kota, dekat dengan terminal bus antar kota, jarak dengan pusat perbelanjaan dan rumah sakit sangat dekat (ini salah satu faktor utama) serta posisi rumah yang kata sales marketingnya sih golden view (weuw….. gag ngerti juga maksudnya mungkin karena letaknya yang menghadap langsung ke danau, xixixi). Yang jelasnya, dengan letak rumah yang ada, kalaupun sampai terjadi banjir di kompleks perumahan rumah ini tidak akan mengalami banjir (Semoga, Amiiiin)…

Untuk kepemilikan rumah ini, apalagi pembeliannya melalui fasilitas KPR maka ada beberapa tahapan yang saya lalui untuk Kepemilikan rumah ini yaitu :

  1. Menetukan Rumah yang ingin dibeli (Tipe, Luas serta Lokasi Rumah) sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  2. Pembayaran DP sebesar 20% dari total harga rumah.
  3. Pengurusan Berkas Untuk Pengajuan KPR (sangat terbantu oleh pihak Developer , thanks to mba Kristin untuk bantuannya ^^ )
  4. Pengajuan KPR ke Bank Mandiri dengan suku bunga 8,8% fix 1 tahun (Subsidi dari PROPERNAS sebesar 2% jadi untuk tahun pertama hanya membayar 6,8%)
  5. Tahap akhir setelah Pengajuan KPR disetejui ialah Proses Pembangunan Rumah.

Nah, tahap terakhir ini yang menginspirasi saya untuk akhirnya mulai lagi menulis diblog ini… wik wik wik…. Soalnya, beberapa hari ini sibuk diskusi dengan mas amir (kakak terbaik dan juga pengelola architectaria.com nih… Lumayan, Konsultasi ama ahlinya secara gratiiiis ^^ )

Sekedar gambaran, rumah mungil yang saya beli ini luas bangunan yaitu 50 dengan luas tanah 120m2. Terdiri atas 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, beranda yang juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu, dapur, dan taman (depan dan belakang). Desain rumah ini dapat kembangkan lagi dalam bentuk layout baru yang tentunya sesuai dengan kebutuhan.  Awalnya sih, nego ama developernya bagaimana kalau model rumah tidak sesuai dengan model/ desain yang dibuatkan oleh developer, ternyata tidak bias… yaaaah, mau tidak mau saya mengikuti model namun tetap berkreasi dengan warna cat exteriornya…

Ini Nih Gambar Denah, Bentuk dan Warna Rumah Aslinya

Setelah beberapa kali diskusi dengan mas amir. Kesimpulan akhirnyanya  untuk  desain exterior rumah minimalist ada beberapa hal yang diperhatikan yaitu : Warna Cat Dasar dan Bentuk bangunan yang tampak minimalis dan simpel namun tetap nampak menarik.

Dengan melihat desain dasar yang telah disediakan oleh pihak developer maka saya memutuskan hanya bermain di warna serta menambhakan beberapa ornamen untuk menampilkan kesan minimalis pada rumah.

  • Warna Cat Exterior  :
Ini Untuk Rencana Desain Untuk Warna Exterior
  1. Warna dasar rumah, saya mengganti dari warna kuning terang menjadi warna abu terang (light grey). Sedangkan warna kombinasi saya mengganti dari warna abu-abu menjadi warna orange.

  2. Warna Kanopi : Putih
  3. Warna Genteng / Atap : Diganti dengan warna coklat.
  4. Warna Pilar dan Kamprot : Diubah menjadi abu-abu tua.
  5. Warna Frame Jendela dan Pintu : Diubah menjadi warna coklat tua

Selain mengenai warna, beberapa perubahan juga saya lakukan pada fisik rumah, yaitu :

  • Kamprot / Rabatan : Akan dipasang/ditempel batu alam/batu candi. Biasanya batu alam dan batu paras dijual dalam bentul lembaran (Gambar Kiri)
  • Pilar : Rabatan pada pilar akan dihilangkan dan dibuat polos dan dipasangi batu alam / batu paras, nantinya bisa dipermanis dengan tumbuhan rambat) (Gambar Kanan).

Contoh dinding yang di kamprot/Rabatan dan Pilar dengan batu alam
dipermanis dengan tumbuhan rambat


  • Frame Jendela dan Daun Pintu : Warna putih diganti menjadi warna coklat atau merah maroon sebagai finishing kusen dan panil pintu memberikan kesan teduh dan lebih alami.
Rencana untuk Frame Jendela dan Pintu
  • Bentuk Jendela : Bentuk yang awalnya terdiri dari 3 pieces saya minta dibuat simple menjadi 1 pieces (nantinya akan dipasangkan teralis).
Gambar Bentuk Jendela Awal dan Rencana Bentuk Setelah diubah


Selain beberapa poin diatas, ada beberapa hal juga yang rencananya akan saya tambahkan pada rumah ini nantinya seperti taman di depan dan belakang. Untuk taman dihalaman depan rumah, mungkin nanti bentuknya cukup minimalis dan simpel mengingat space yang tersedia terbatas. Namun lahan dibelakang rumah yang masih tersedia cukup luas,  memungkinkan saya untuk berkreasi  membuat taman dengan dinding batas belakang dijasikan sebagai air terjun dengan taman kecil serta menambahkan gazebo dengan model minimalis)…

Wuiiiiih, rencana semua sudah cukup matang tinggal tunggu dana semoga bisa mencukupi semuanya.

Itu sekilas tulisan saya tentang rencana untuk membuat desain exterior rumah mungil minimalis saya. Untuk saat ini, tahap pembangunan rumah sudah mencapai 40%. Doakan yah semoga bisa rampung secepatnya… Amiiiin

Untuk desain interiornya pun sebenarnya sudah saya diskusikan dengan mas amir dan pihak yang membangun rumah. Namun, tulisannya akan menyusul setelah rumahnya sudah jadi dan sudah bisa menunjukkan gimana hasil kreasi desain interior saya. ^^v

 

** Beberapa Foto dalam tulisan ini saya unduh dari Internet sebagai Referensi saya dalam mendesain Rumah Idaman saya…. ^_~

About these ads

11 pemikiran pada “Desain Exterior Rumah Mungil Minimalis

  1. bagus sih!!smoga lekas ter wujud tp ad pagarnya ga sih???aq lbih suka klo ada pagarnya yg km sesuaikan ma pilarnya tu dari batu candi tu!!selain buat security karena,keamanan indonesia tau ndiri lah!!juga dapat membuat eksklusif,mungkin!!yah tau omonganku bener pa ga yg penting sudah meninggalkan jejak!!!

    Suka

    • Amiiiin untuk doanya boy…

      bawaan provider blon ada, tapi ntar di tabungin receh dlu buat bikin pagarx :D

      Iyah, untuk alasan keamanan dan estetika.. pagarnya rencana dibuat minimalist…

      rencana juga carpotx ntar di tambahkan canopy, tapi tunggu ada boilnya dulu dah… qqqq ^^v

      Suka

  2. wah selamat ya mi keren modelnya. ditunggu selamatannya hehe.
    pesen ku klo ada rencana tambah tandon air sekalian dipasang jalur pipanya jadi ga jebol dinding yg sudah jadi.
    just my opinion

    sukses yach ^.^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s